KTS dan Bulan Bahasa Tahun 2023

  • 27 Oktober 2023
  • Oleh: SMA Negeri 3 Amlapura
  • Dibaca: 448 Pengunjung

KEGIATAN TENGAH SEMESTER GANJIL

YANG DISINKRONKAN DENGAN BULAN BAHASA TAHUN 2023

 

Salam Trismapura

Bersahabat Sportif Berprestasi

 

Pada kegiatan kali ini SMA Negeri 3 Amlapura melaksanakan kegiatan yang berpihak kepada murid untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi serta kreativitas murid. Kegiatan Tengah Semester Ganjil yang disinkronkan dengan Pelaksanaan Bulan Bahasa Tahun 2023 mengambil tema “Literasi dan Numerasi Menguatkan Kreativitas Wujudkan Siswa Cerdas Berkarakter.” Berdasarkan tema tersebut diharapkan nantinya murid-murid dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasinya serta menumbuhkan daya kreativitasnya untuk membentuk murid yang cerdas serta memiliki karakter yang baik.

 

Mengutip informasi dari KBI 2023 dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda, yang mengambil tema “Literasi dalam Kebinekaan untuk Kemajuan Bangsa”, sejalan dengan kegiatan yang diselenggarakan di SMA Negeri 3Amlapura. Literasi merupakan proses kegiatan yang dapat menumbuhkan kreativitas, inovasi dan peningkatan pemahaman terhadap bahasa dan sastra guna menunjang kecintaaan dan kebanggan terhadap budaya bangsa.

 

Kegiatan yang dilaksanakan dikemas dengan berbagai jenis perlombaan diantaranya lomba penguatan literasi seperti Lomba Berpidato, Cipta Puisi, Membaca Puisi, dan Menggambar Komik. Tema perlombaan literasi yang diangkat adalah tentang Sumpah Pemuda dan Cinta akan Tanah Air. Untuk penguatan numerasi dilaksanakan Lomba Cerdas Cermat Numerasi. Kemudian materi dari numerasi yang diangkat adalah penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

 

Untuk membangun murid yang sehat jasmani dan rohani diadakan kegiatan dalam bidang olahraga seperti Lomba Senam P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), Bola Voly, Tarik Tambang, Tiup Balon Estafet, dan Working On Block (Berjalan Diatas Balok). Kelima lomba tersebut dapat melatih kerja sama murid dan mengajak murid untuk berpikir kritis dalam mengatur strategi.

 

Tidak lepas dari tujuan menumbuhkan kreativitas murid, panitia juga menyelenggarakan Lomba Kebersihan Kelas. Lomba kebersihan kelas menuntun murid untuk dapat menumbuhkan daya kreatifitasnya mendesain kelas yang nyaman serta sesuai dengan yang diidamkan. Maka setiap kelas menjunjung tinggi rasa kebersamaan, gotong-royong, serta mendahulukan kepentingan bersama dalam merancang kelas untuk lomba tersebut.

 

Kegiatan yang dilaksanakan mulai Tanggal, 24 sampai 27 Oktober 2023 ini bertepatan dengan Bulan Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda yang diperingati pada tanggal 28 Oktober ini, menjadi momentum yang tepat untuk mengadakan kegiatan seperti yang dipaparka di atas. Kegiatan yang dipaparkan di atas merupakan kegiatan-kegiatan kepemudaan yang mengarah kepada penumbuhkembangan semangat kolaborasi bersama untuk memajukan Indonesia khususnya melalui pendidikan. Sebagai lembaga pelaksana pendidikan, sekolah juga melibatkan OSIS sebagai organisasi siswa tertinggi yang ada di sekolah. Semarak kepemudaan oleh SMA Negeri 3 Amlapura ini terlihat dari antusiasme para murid dalam melaksanakan kegiatan. Terbukti mereka aktif mengikuti perlombaan serta memberikan dorongan kepada rekan yang berlomba.

 

 

DOKUMENTASI:

https://youtu.be/pY2qKRNhWJA?si=6RRi-SyoY06wZh3B

https://youtu.be/oIGOwZDU40k


  • 27 Oktober 2023
  • Oleh: SMA Negeri 3 Amlapura
  • Dibaca: 448 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

pe