MEMPERINGATI HARI AIDS SEDUNIA

  • 01 Desember 2022
  • Oleh: SMA Negeri 3 Amlapura
  • Dibaca: 679 Pengunjung

MEMPERINGATI HARI AIDS SEDUNIA

1 DESEMBER 2022

 

AIDS adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan membuat pengidap kehilangan kemampuan untuk melawan infeksi. Penyakit ini merupakan stadium akhir dari infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV). Hari AIDS Sedunia menjadi peringatan sekaligus dukungan bagi orang-orang yang hidup dengan HIV. Selain itu, hari peringatan ini juga bertujuan mengenang mereka yang meninggal akibat AIDS.

 

KSPAN Trismapura memperingati hari AIDS sedunia tahun ini dengan kegiatan positif.  Peringatan hari AIDS di SMA Negeri 3 Amlapura diwarnai dengan kegiatan pemasangan pita, sarasehan dengan para perwakilan kelas dan sosialisasi ke masyarakat dengan menyebar brosur penanggulangan HIV/AIDS. Kegiatan ini murni dilakukan oleh siswa yang menjadi anggota ekstra KSPAN didampingi oleh pembina Ekstra.

 

Peringatan hari AIDS ini sebenarnya rutin dilakukan oleh KSPAN SMA Negeri 3 Amlapura namun dengan berbagai kegiatan yang berbeda.  Untuk tahun ini difokuskan dalam kegiatan sarasehan dan sosialisasi. Kegiatan sarasehan diisi dengan berbagi informasi seputar HIV/AIDS dari siswa yang ikut dalam kegiatan ekstra KSPAN. Disamping berbagi informasi seputar HIV/AIDS, materi yang disampaikan juga terkait dengan NAPZA dan IMS.

 

Kegiatan yang dilakukan sangat menarik karena dikemas dalam suasana yang santai dan menyenangkan. Para peserta merasa antusias dan mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dan hendaknya terus dilakukan. Harapan lainnya diungkapkan oleh pembina KSPAN, bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengingat dan menyadarkan kepada generasi muda khususnya siswa SMA Negeri 3 Amlapura akan bahaya HIV/AIDS.

 

Pemahaman yang diperoleh oleh peserta yang mayoritas adalah pengurus OSIS agar selanjutnya ditularkan kepada siswa lainnya. Dengan cara seperti ini diharapkan kedepannya semua siswa termasuk guru sama-sama memahami  bahaya HIV/AIDS dan bersama-sama bergerak menanggulangi penyakit ini dimulai dari diri sendiri. Pemberian contoh yang berawal dari diri sendiri akan mempermudah mengajak orang lain untuk ikut melakukannya.

 

Tema peringatan hari HIV/AIDS tahun ini yang mengusung tema "Equalize". Melalui tema tersebut, peringatan hari AIDS Sedunia 2022 mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk mengatasi ketidaksetaraan yang menghambat kemajuan dalam mengakhiri HIV/AIDS. KSPAN juga mengajak seluruh masyarakat agar menjauhi penyakitnya bukan orangnya.

 

Salam & Bahagia

Teruslah bergerak, walau kecil yang penting berdampak.

FOTO KSPAN

 

 

I Komang Swidiarta, S.Pd., M.Pd

Pembina KSPAN Trismapura


  • 01 Desember 2022
  • Oleh: SMA Negeri 3 Amlapura
  • Dibaca: 679 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

pe